Pasti banyak para pecinta ikan yang pemula yang belum mengenal banyak tentang jenis-jenis ikan hias air tawar ini, pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang ikan hias air tawar.
kita mulai dari

1.Ikan Discus


Ikan ini sangat unik karena mempunyai bentuk yang seperti pipi dan mempunyai eksen yang indah pada tubuhnya. Ikan ini bisa dikatakan ikan yang high class tapi tergantung dari corak warna dan ukurannya,

2. Ikan Mas Koki

Pasti sudah sangat familiar di telinga kita tentang ikan ini, yup ikan mas koki masih banyak mempunyai jenis, gerakanya yang sangat lucu.

3. Ikan Koi

Ikan Koi tergolong ikan yang kebanyakan di pelihara di kolam, ikan ini masih mempunyai banyak jenis lainnya.

4. Ikan Komet

Ikan ini jika di lihat hampir mirip dengan ikan mas koki namun perbedaannya ada pada bentuk tubuhnya dan jika dewasa ikan ini ekor nya dapat melebar.

5. Ikan Manfish

Ikan ini sedikit berbeda karena ikan ini sedikit kalem dan kurang banyak bergerak dari ikan hias lainnya, jadi jika kita lihat ikan ini sangat mirip seperti layang-layang

6. Ikan Bala Shark

Ikan ini di hiasi dengan sirip yang sangat indah,memiliki sisik metalik sehingga sangat menawan, di sebut bala shark karena sirip nya miri dengan ikan hiu

7. Ikan Sumatra

Ikan ini berasal dari daerah Sumatra jadi disebut Ikan Sumatra.

8. Ikan Cupang


Ikan ini pada umumnya bisa di kategorikan sebagai ikan petarung atau juga bisa dsebut ikan hias.Cupang memiliki di nilai dari bentuk siripnya serta gradasi warna siripnya.

9. Ikan Lemon

Seperti namanya ikan yang berwarna kuning mirip sepeti sebuah lemon.

10. Ikan Blackghost

Ikan ini berasl dari sungai amazon yaitu ikan nocturnal,ikan yang hanya aktif dimalam hari ini suka dalam kekgelapan, jika disiang hari ikan ini tampak pemalu.

11. Ikan Arwana

Ikan yang asli dari indonesia ini di kategorikan sebagai ikan yang cukup mahal, ikan ini datang dari pedalaman kalimantan, namun ikan ikan sudah tersertifikasih jika ingin d jual.

12. Ikan Sapu-Sapu

Ikan ini biasanya bertugas sebagi pemberis lumut-lumut yang terdapat pada dinding-dinding aquarium.

13. Ikan Parrot

Dinamai parrot karena mempuyai moncong yang berbentuk seperti burung kakatua.

14. Ikan Corydoras

Beberapa penjual ikan kerap mnyebutnya type ikan sapu, karena wujudnnya dan karakternya.

15.Ikan Molly

Molly yaitu jenis ikan hias yang yang empunyai ukuran tubuh yang cenderung kecil.

16. Ikan Mickey Mouse

Ikan ini mempunyai wujud tompel pada bagian pantatnya berupa tiga buah lingkaran yang mirip dengan kepala mickey mouse. Ikan ini masih bervariasi bentuknya.

17. Ikan Spatula

Ikan jenis alligator mirip buaya.

18. Ikan Oscar

Untuk jenis ikan galak yang murah tapi bagus Oscar bisa jadi pilihan,warna dasar hitam dengan corak merah lava.

19. Ikan Louhan

Ikan yang pernah menjadi trendsetter di kalangan pecinta ikan di Indonesia,Louhan dengan kepala benjolnya masih memiliki nilai jual yang tinggi,tipe agresif dan penguasa,Louhan merupakan jenis ikan hias karnivora.

20. Ikan Guppy

Ikan ini ukuran tubuhnya cukup mungil dari kepala sampai pantat paling hanya 1,5 cm ditambah ekornya sekitar 1 cm,yang menarik dari guppy memang corak ekornya,tapi ada baiknya guppy hanya disatukan dengan jenis2 ikan yang kecil seperti molly agar tidak jadi bulan2an ikan yang lebih besar.

21. Ikan Redfin

Ikan ini memiliki ciri langsing dan bersirip mirip black shark serta berekor merah,untuk warna tubuh ikan ini yang albino berwarna putih kemerahan.

22. Ikan Palmas

Ikan berkaki dan memiliki sirip atas seperti punggung stegosaurus,entah sebenarnya palmas ini adalah keluarga ikan atau reptil belum jelas.

23. Ikan Botia

Dari warnanya Botia mirip dengan ikan sumatera hanya bentuk bodynya lebih panjang dan mirip dengan redfin.

24. Ikan Swordtail

Masih dari keluarga molly,swordtail memiliki ekor bagian bawah yang lebih panjang dan terkesan runcing,seperti keluarga molly lainnya ikan ini adalah jenis ikan yang kecil.

25. Ikan Gurami Padang

Seperti hal namanya ikan ini berasal dari padang dengan warna sisik putih bersih,cenderung agresif.

26. Ikan Sepat Hias

Ikan ini memiliki berbagai varian,salah satunya dibawah ini adalah sepat hias lurik,dengan bentuk badan bergaris2 merah dan putih.

27. Ikan Niasa

Jenis ikan kecil yang memiliki corak horizontal dari mata sampai ke ujung ekornya..Ikan ini cenderung agresif,

28. Ikan Red Zebra

Jenis ikan hias yang bisa dibilang paling kecil, ukurannya hanya 1-1,5 cm namun memiliki gerakan yang gesit.

29. Ikan Black Shark

Hiu hitam, meskipun diberi nama demikian tapi ikan ini enggak terlalu galak kok masih bisa hidup bertetangga dengan koki.

30. Ikan Belida

Jenis ikan yang unik dengan tubuh menggelambir seperti blackghost hanya saja dalam ukuran yang belasan puluhan kali lebih besar dan memiliki corak di badannya berupa titik2 hitam besar dengan garis cerah.Belida hidup di perairan sumatera dan dulunya dijadikan sebagai bahan utama pembuat pempek palembang,namun setelah harga ikan belida semakin mahal maka bahan bakunya diganti dengan ikan lain.

31. Ikan Congo Tetra

Ikan yang memiliki bentuk sirip dan ekor unik, ekornya membentuk trisula dan warnanya keperakan, congo tetra merupakan keluarga dari ikan tetra.

32. Ikan Catfish

Ikan lele dengan warna tubuh sebelah atas hitam pekat dan tubuh bagian bawahnya putih bersih,catfish bisa mencapai panjang 1-1,5 meter.


33. Ikan Barbir

Jenis ikan kecil yang hidup bergerombol, sering disebut wader dari sumatera.

34. Ikan Platy

Adalah jenis ikan kecil lainnya, bentuknya mirip ikan molly mungkin masih satu keluarga juga, jenis ikan kecil seperti ini cocok untuk para penggemar ikan pemula karena harganya murah meriah.


Post a Comment

 
Top