Disini saya akan memebrikan sedikt tips tentang bagaimana Cara Budidaya Ikan Mas Koki dengan baik. Kita langsung saja ke TKP untuk melihat apa saja persiapannya.

1.Apa Saja Persiapannya?.

Budidaya Mas Koki bisa kita lakukan di aquarium, bukan hanya bisa di kolam. Kita bisa mnggunakan Aquarium yang berukuran panjang 80 cm lebar 40 cm dan tinnginya 40 cm.

Jumlah dengan aquarium yang bisa kita pakai 4 buah aquarium. Wadah aquarium yang dapat dipakai memijahkan induk dari ikan mas koki ini, terlebih dahulu diisi dengan dengan ketinggian air 20 cm, kemudian air didiamkan selama 1 hari, dan setelah itu diberikan substrat seperti tumbuhan eceng gondok. Manfaat dari tumbuhan eceng gondok itu sendiri adalah untuk menempelkan benih-benih atau telur iakn koki dan juga merangsang pemijahan.

2. Menyeleksi Indukan

Induk yang dapat kita pijahkan harus betul-betul kita perhatikan dan betul-betul indukannya sehat, lincah serta sudah masak telur (gonad).

3. Jenis Induk jantan.

berikut ciri-cirinya:
-apabila diurut di bagian perutnya dapat mengeluarkan cairan berwarna putih seperti susuh.
-ada benjolan kecil warna putih pada tutp ingsang atau kadang pada jari pertama sirip di bagian dada.
-Eujud di bagian dubur oval dan kecil

4. Jenis Induk Betina

-jika kita urutkan maka dibagian perut terdapat keluar cairan berwarna kunig berbentuk telur iakn koki.
-pada bagian perut agak sedikit besar ukurannya.
-pada bagian dubur sedikt besar dan bulat.

5. Sistem Pemijahan

Induk yang kita dapat dipijahkan diseleksi lagi terlebih dahulu. Perbandingan indukan jantan dan betina adalah 1:2. Sistem pemijahan ini dapat berjalan dicirikan dengan saling berkejaran induk jantan serta induk betina. Indukan dapat berhenti memijah apabila sudah menegluarkan telur serta cairan sperma nya dan mereka sudah tidak saling kejar-kejaran lagi, dan itu bertanda kalau pemijahan sudah selesi.

Jika pemijjahan sudah selesai maka induk mas koki kita pisahkan dari aquarium karena jika kita tidak memisahkan maka induk dapat memakan telur mereka sendiri.

6. Proses Pensetasan.

Sistem pada proses penetasan ni dapat memakan waktu hingga 2-4 hari. Jika telur ikan yang tidak terbuahi dengan sendirinya dapat membusuk serta tak lagi menetas. Suhu air dalam aquariumlebih kurang 24-48°. Aquaium juga membutuhkan diberi aerasi untuk mensuplai oksigen.

Sesuah menetas larva tetap memiliki kandungan kuning telur hingga belum butuh untuk diberi pakan. Sesudah kuning telur habis larvanya dapat diberi saringan dapnia atau juga kuning telur ayam yang sudah direbus.

Source Images:https://maudahansori.wordpress.com/2009/12/07/jenis-jenis-ikan-mas-koki/

Post a Comment

 
Top